Teknik dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography
Cara Membuat Kutipan dan Sumbernya
Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).
1. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah padaStyle.
2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
3. Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
4. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
5. Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
6. Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
7. Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.
8. Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
9. Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
10. Klik OK bila sudah selesai.
11. Pada dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.
Cara Edit Sumber Kutipan
1. Cari sumber yang ingin diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage Sources).
2. Klik sumber tersebut di bagian Master List (bila ingin merubah data di Master List). Atau klik sumber di Current List bila ingin mengubah data di sini.
3. Klik tombol Edit dan lakukan perubahan yang diinginkan.
4. Klik OK bila sudah selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin melakukan perubahan di Master List dan Current List.
5. Klik Yes, bila ingin perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
6. Klik No, bila perubahan hanya untuk daftar yang dipilih.
7. Klik Close untuk menutup kotak dialog.
Tip: Cara cepat untuk mengedit sumber: klik kutipan pada dokumen dan kemudian klik tanda panah dan pilih Edit Source.
Cara Membuat Daftar Pustaka (Bibliografi)
Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal1).
1. Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section Break untuk membuatnya di section yang baru.
2. Pada References tab, in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
3. Klik pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
4. Klik pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
5. Bila ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
6. Klik Update Citations and Bibliography.
https://bunglonmerah.blogspot.com/2017/10/tips-dan-solusi-konfigurasi-router-tl.html?m=1#
https://bunglonmerah.blogspot.com/2017/10/tips-dan-solusi-konfigurasi-router-tl.html?m=1#
Komentar
Posting Komentar